Selain Pengobatan dan Gejalanya, Pahami Juga Faktor Pemicu Fibrosis Paru

Tidak hanya mengenal gejala dan cara pengobatannya secara medis saja, gangguan fibrosis paru ternyata punya banyak faktor pemicu. Anda harus mengetahuinya agar bisa mencegah terjadinya gangguan kesehatan yang serius ini. Fibrosis paru adalah penyakit paru-paru yang muncul ketika jaringan paru rusak atau terluka. Jaringannya akan kaku dan mengeras, sehingga sulit untuk bekerja normal. Akibatnya, penderitanya sulit bernapas. Selain dipicu oleh infeksi virus dan faktor keturunan, berbagai faktor pemicu berikut ini harus dihindari.

  • Polusi Udara

Gangguan pernapasan sangat mengkhawatirkan dan mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas. Setiap saat, Anda merasa kesusahan bernapas dan hal ini harus segera ditangani agar tidak menimbulkan sesak napas dan gangguan lain yang parah. Ketika belum mengalaminya, Anda harus menghindari faktor pemicunya.

Salah satunya adalah polusi udara yang banyak mengandung virus, bakteri, debu, asap, dan zat berbahaya lainnya yang membuat udara terkontaminasi. Udara yang sudah tidak sehat lagi ini akan membahayakan paru-paru. Lama kelamaan, jaringan paru akan mengalami kerusakan dan bisa terluka.

  • Lingkungan yang Tidak Sehat

Fibrosis paru adalah kondisi gangguan pernapasan yang membuat Anda tidak nyaman saat bernapas. Napas menjadi sulit dan terengah-engah, bahkan disertai batuk kering. Anda juga akan merasa lemas dengan lingkungan yang tidak sehat. berat badan pun menurun tanpa sebab akibat kondisi ini. semua gejala yang memprihatinkan ini juga dipicu oleh lingkungan yang tidak sehat.

Sebagai contohnya adalah ketika lingkungan kerja Anda sangat berisiko mengalami polusi, seperti asap, debu, paparan zat kimia, dan partikel kimia berbahaya (serbuk batu bara, serat asbes, debu logam). Semua zat penyebab polusi udara tersebut dapat membahayakan paru-paru ketika udara yang dihirup bercampur dengan semua zat berbahaya itu.

Jika memang harus berada di lingkungan yang demikian, Anda harus mengenakan pelindung yang direkomendasikan. Imbangi juga dengan menghirup udara bebas yang sehat dan segar saat di luar waktu kerja.

  • Pemakaian Obat Tertentu

Gangguan fibrosis paru adalah kondisi yang perlu diperhatikan karena jika dibiarkan akan membahayakan jiwa. Karenanya, memahami gejalanya sangat penting terlebih upaya pencegahan lebih penting lagi dan sangat dianjurkan. Mengenai faktor pemicu yang tidak disadari adalah pemakaian obat tertentu.

Berbagai jenis obat yang bisa merusak jaringan paru-paru adalah obat kemoterapi, obat penyakit jantung, antibiotik, dan obat anti peradangan. Zat yang terkandung dalam obat-obat tersebut bisa berpengaruh ke jaringan paru-paru, terlebih jika mengonsumsi obat tanpa resep dokter.

  • Kebiasaan Merokok

Fibrosis paru adalah persoalan kesehatan yang bisa dicegah apabila menghindari faktor pemicunya. Terlepas dari faktor infeksi virus dan faktor keturunan, Anda bisa menghindari faktor lain termasuk merokok. Seperti yang sudah diketahui bahwa rokok mempunyai beragam zat berbahaya, di antaranya nikotin dan tar, yang sangat berbahaya untuk tubuh termasuk jaringan paru-paru.

  • Perkembangan dari Penyakit Tertentu

Dilansir dari alodokter.com, perkembangan penyakit tertentu bisa menjadi pemicu fibrosis paru-paru. Beberapa penyakit yang dimaksud tersebut adalah rheumatoid, pneumonia, arthritis, sarkoidosis, dan skleroderma. Jika pernah atau sedang mengalami penyakit tersebut, maka lakukan pengobatan medis sampai tuntas. Jagalah kesehatan lebih keras lagi jika pernah mengalami penyakit tersebut.

Semakin parahnya kerusakan atau luka yang ditimbulkan di jaringan paru, semakin sulit pula bagi penderita fibrosis paru untuk bernapas. Jika timbul gejalanya, segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter. Jika belum, sangat penting bagi Anda dalam mencegah kerusakan jaringan paru dan hidup lebih sehat. Dengan memahami faktor pemicu fibrosis paru-paru di atas, penderitanya juga bisa membaik dan berangsur sembuh.

Sumber Artikel:

www.alodokter.com

hellosehat.com

www.halodoc.com

Sumber Gambar:

beritagar.id

www.liputan6.com

lifestyle.okezone.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *